fans page


Senin, 02 Mei 2011

Cara Membuat Blog



Blog adalah suatu media internet yang dapat mempublikasikan berita, karya tulis, ataupun update seputar pribadi anda, usaha anda, maupun penggemar anda secara mudah. Banyak penyedia blog diantaranya Blogger, WordPress, Multiply dan sebagainya.
Kali ini saya akan membahas membuat blog dengan Blogger. Ini sangat mudah dilakukan dan sangat cepat bahkan untuk anda yang masih awam. Di sini anda bisa berbagi info, berpromosi maupun berbisnis di Blogger. Blogger diakuisisi oleh Google sekitar tahun 2007 dan sangat populer dan digunakan oleh jutaan orang di dunia.
Sebelum membuat blog dengan Blogger, anda harus memiliki akun email dari Google yaitu Google Mail (Gmail) yang bisa anda buat di sini, Lalu klik sign up dan ikuti petunjuk selanjutnya.
Langsung saja ketik http;//blogger.com pada tab browser. Setelah jendela browser terbuka akan tampil halaman awal seperti berikut.

Setelah itu klik Get started. Setelah itu muncul halaman formulir seperti di bawah.

Setelah mengisi email Gmail, password, nama tampilan (nama/judul blog), dan sebagainya dengan benar klik lanjutkan. Bila gagal, coba cek ulang alamat email dan pssword dengan benar, atau isi dengan benar captcha password.
Bila berhasil muncul halaman seperti gambar di bawah ini.
Beri nama judul halaman, dan alamat URL blog anda (misal http://contoh.blogspot.com) jangan lupa check ketersediaan, bila URL blog tersedia, isi kode captchanya lalu klik lanjutkan.
Bila berhasil maka akan terbuka halaman pemilihan template (desain tema blog anda).
Pilih desain yang menurut anda bagus, lalu klik lanjutkan. Bila pendaftaran blog anda berhasi, maka akan terlihat laman akhir blog seperti ini.
Selamat blog anda telah terbuat!. Anda dapat menge check nya dengan pergi ke alamat URL ysng telah anda buat sebelumnya. Klik mulai blogging untuk melanjutkannya. Anda akan melihat menu Posting, Komentar, Pengaturan, Rancangan, dan Statistik.
Postingan
Digunakan untuk memposting/membuat artikel baru, mengedit entri, dan untuk membuat/mengedit halaman.
Komentar
Digunakan untuk melihat komentar yang diberikan pengunjung atas blog anda.
Pengaturan
Ini digunakan untuk mengatur dan mensetting blog anda secara keseluruhan.
Rancangan
Digunakan untuk mengatur dan membuat suatu desain blog anda secara tampilan. Anda bisa memilih dan mengganti template sesuka hati. Menambah aplikasi dan sebagainya.
Statistik
Fungsi ini digunakan untuk melihat jumlah pengunjung, berasal dari mana dia (ditambah peta), hal apa yang sering dikunjungi di blog kita dan sebagainya.
Sekian panduan membuat blog dari saya, semoga bermanfaat bagi pribadi, bisnis maupun organisasi anda. Dan selamat mencoba!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...